Rabu, 27 Juli 2011

Buya Oedin (1906/1907- 1984) : "Teman Jenderal Soedirman dari Kurai Taji"

Ditulis ulang : Muhammad Ilham

Mungkin tak banyak orang yang tahu bahwa seorang putra Pariaman pernah bersahabat dengan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Dialah Oedin, seorang akitivis Muhammadiyah dan pernah mengemban berbagai jabatan politik di Sumatra Tengah ketika Republik ini masih muda remaja. Buya Oedin (atau Udiang menurut pelafalan orang kampugnya) – begitu beliau biasa dipanggil di masa tuanya – lahir tahun 1906 (informasi lain menyebutkan bulan Agustus 1907) dari rahim Raalin, seorang pengurus Aisyiah yang tangguh di Kuraitaji. Masa remaja Oedin kecil dihabiskan di kampungnya. Pendidikan formalnya hanya sampai kelas 2 Sekolah Rakyat. Selanjutnya, pemuda yang sedikit ‘preman’ ini –berdasarkan cerita Buya Hamka dalam sepucuk suratnya kepada anak kelima beliau, Asdi Oedin tertanggal 11 Juli 1962 – terpilih menjadi kader Muhammadiyah selama 9 tahun di bawah gemblengan Buya A.R. Sutan Mansur, dedengkot Muhammadiyah yang kemudian terpilih menjadi ketua organisasi itu dalam kongresnya di Purwokerto tahun 1953. Berkat gemblengan A.R. Sutan Mansur, kepremanan Oedin berubah menjadi kepemimpinan. Bersama beberapa orang rekannya, Oedin mempelopori berdirinya Cabang Muhammadiyah di Kuraitaji (yang ketiga setelah Bukittinggi dan Padang Panjang) pada 10 Oktober 1929. Muhammadiyah dibawa ke Kuraitaji oleh putra daerah ini sendiri dari Yogyakarta, yaitu H. Sd. M. Ilyas, adik ipar Buya Oedin sendiri, yang kelak menjadi mertua Dr. H.M. Tarmizi Taher, mantan Menteri Agama RI di Zaman Orde Baru. Pada tahun 1937 Oedin diangkat menjadi ketua Muhammadiyah cabang Padang Panjang.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Sukarno-Hatta, Oedin aktif menggalang semangat pemuda di daerahnya. Beliau, yang pada waktu itu menjadi Wakil Majelis Pemuda Muhamadiyah Minangkabau, giat memberi pengertian kepada masyarakat Pariaman tentang arti dan cara mengisi kemerdekaan. Pada bulan November 1945 Oedin dan rekan-rekannya menghadiri Kongres Pemuda Indonesia I di Yogyakarta. Tujuan kongres itu adalah untuk menyatukan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka mendapat banyak rintangan di jalan karena gempuran oleh pasukan Belanda. Ketika itulah Oedin berhubungan dengan Soedirman yang waktu itu mewakili pemuda Muhammadiyah Purwakarta (Banyumas). Balik ke Sumatra Barat, Oedin dan kawan-kawan aktif menyampaikan hasil kongres itu. Pada bulan Mei 1946 beliau dilantik oleh Residen Sumatra Barat, Dr. Jamil, menjadi Ketua Dewan Polisi Sumatra Barat. Awal Januari 1947 beliau diangkat menjadi anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) mewakili Padang Pariaman. Beliau ikut dalam persidangan KNIP di Malang (1947). Ketika singgah di Yogyakarta Oedin bertemu lagi dengan Soedirman yang sudah menjadi Panglima Besar TNI. Sebagai anggota KNIP, beliau ditugaskan oleh Panglima Soedirman untuk mendapingin Mayjen Soeharjo dalam tugas-tugas kemasyarakatan. Kelak di suatu hari di Jakarta, Oedin bertemu secara tak sengaja di jalan dengan Jenderal Soedirman, yang kemudian mengajak sahabat lamanya itu mampir ke rumahnya. Sampai tahun 1949 Oedin terlibat dalam berbagai kegiatan politik untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Sumatra Barat dari rongrongan Belanda yang ingin menguasai Indonesia kembali. Pasca Aksi Polisionil Belanda yang gagal itu, aktifitas Oedin dalam kancah pemerintahan Sumatra Tengah cukup beragam. Beliau diangkat menjadi pegawai tinggi tingkat 2 dan kemudian patih yang diperbantukan pada Bupati Padang Pariaman (Januari 1950); patih Kabupaten Tanah Datar (Oktober 1950); Walikota Sawahlunto (Mei 1950); Bupati Kabupaten Inderagiri (Oktober 1952; Pjs Bupati Tanah Datar (Desember 1953); Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Kerinci (Oktober 1954) (sebelumnya direncanakan menjadi Bupati Kab. Tanah Datar, tapi tidak jadi).

Demikianlah kisah hidup Buya Oedein yang pernah menikah empat kali dan dikaruniai beberapa orang anak. Sewaktu bersekolah di SMP 3 Kuraitaji, saya akrab dengan salah seorang cucu beliau, Fadilah Afsar. Sering kami belajar bersama di rumah beliau di Rambai, Kurai Taji. Saya paling suka melihat-lihat koleksi buku beliau yang tersusun rapi di rak-rak di perpustakaan peribadi beliau.
Foto ini mungkin dibuat sekitar tahun 1970-an atau sebelumnya. Foto ini, beserta bahan-bahan lain untuk penulisan artikel ini bersumber dari dua keturunan beliau: Marindo Palar dan Fuad Afsar. Buya Oedin meninggal di Jakarta pada 17 Juni 1984 dan dimakamkan di Perkuburan Tanah Kusir. Demikianlah riwayat singkat kehidupan seorang ‘pahlawan kecil’ yang telah ikut berjasa dalam mengisi kemerdekaan negeri ini.

Sumber : (c)
Suryadi – Leiden, Belanda. (Sumber foto: Marindo Palar, Jakarta).

10 komentar:

  1. Saya juga bernama Ilham, Nenek saya adalah adik dari Buya Oedin Namanya Rohana(lahir 1912) Suaminya HSDM Ilyas juga sebagai pendiri Muhammadiyah di kuraitadji, saya sedang mencoba menelusuri silsilah keluarga Nenek saya dan kakek saya mungkin uda Ilham bisa membantu.

    BalasHapus
  2. wah, kalau gitu kita masih ada hubungan saudara. Kakek saya Sulaiman Munaf, Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Kurai Taji. Mamaknya bernama Haji Haroen el-Maany yang dikenal sebagai Direktur Kulliyatul Muballighin Muhammadiyah Padang Panjang, dan Ketua Muhammadiyah Sumatera Barat (1960-1962)

    BalasHapus
  3. SDM Ilyas tw masih ada hubungan famili dengan kakek saya Sulaiman Munaf...empat serangkai pendiri Muhammadiyah Kuraitaji seluruhnya masih ada hubungan saudara: Buya Oedin, Haroen el Maany, M. Luthan, dan Sidi M. Ilyas.

    BalasHapus
  4. @ Fikrul Hanif, Iya kalau gitu, saya ingin membuat silsilah keluarga, apa bisa kita telusiri dan kita buat bersama?

    BalasHapus
  5. @ Fikrul Hanif, ini facebook saya : http://www.facebook.com/ilhambmc

    BalasHapus
  6. Engkudiang, panggilan buya awak ini............dikalangan muhammadiyah tempo doeleo di pariaman/kuraitaji/sumatera tengah namanya sangat akrab. Sayangnya "kedahsyatan" nama beliau tidak ada dalam tulisan buku sejarah di Pariaman yang ditulis saudara Bagindo Armaidi Tanjung. Saya sudah konfirmasi ke Beliau. Masak nama sekaliber HAMKA/HATTA pada masanya tak ada terekam di bundelan sejarah Pemko/Pemkab Pariaman, Kan perlu dipertanyakan.

    BalasHapus
  7. Wah kebetulan sekali saya adalah cucu dari Hj. Nurlis Ilyas alias anak dr isteri kedua hsdm ilyas.. Senang bisa menemukkan silsilah keluarga saya di sini

    BalasHapus
  8. Wah kebetulan sekali saya adalah cucu dari Hj. Nurlis Ilyas alias anak dr isteri kedua hsdm ilyas.. Senang bisa menemukkan silsilah keluarga saya di sini

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah...Buya Oedin termasuk 1 dari 100 tokoh Muhammadiyah yang menginspirasi. Buku diterbitkan oleh Majelis Pustaka dan Informasi, PP MUHAMMADIYAH.

    BalasHapus